Jumat, 13 Oktober 2017

SISTEM INFORMASI DAN DATABASE

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
FORUM & QUIZ
SISTEM INFORMASI DAN DATABASE

Dosen : Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA



Nama         : Bella Rosdiana Dewi
NIM  : 43216110475


FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
TAHUN 2017




A.    Sistem Informasi dan Database adalah sebuah kumpulan
Sistem Informasi ialah kumpulan dari applikasi yang terhubung dan terintegrasi dalam suatu applikasi, dan pasti ada penyimpanan data yang disebut Database. Database sendiri adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebur.Dapat dibuat dan diolah dengan menggunakan suatu program komputer biasa disebur dengan “software“.Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil querydatabase disebut Database Management System (DBMS) atau “Sistem Manajemen Basis Data”
B.     Hubungan Sistem Informasi Dan Database
Sistem Informasi membutuhkan data dan data diolah oleh applikasi sistem informasisehingga menjadi database.Database bisa meningkatkan fungsi sebuah sistem informasi dengan menyimpan data – data yang dapat di proses pada sistem tersebut sehingga meringankan penggunaan memori komputer.
C.    Hubungan Database dengan Sistem Informasi Manajemen
Database adalah sekumpulan data – data yang terintegrasi yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan pemakai untuk keperluan organisasi yang tersimpan di dalam media penyimpanan di suatu instansi. Database itu sendiri Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah. SIM memperoleh data dari database, dimana database tersebut berisi data dan informasi.Data dari database tersebut digunakan oleh software untuk membuat laporan periodik dan laporan khusus baik database yang dihasil kan dari SIA ataupun dari lingkungan lainnya. Dan hasil dari pengolahan database inilah yang kemudian akan menjadi informasi akhir bagi sebuah instansi ataupun perusahaan dalam mengambil keputusan ataupun pertimbangan. Dan dari informasi ini jugalah akan menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem perusahaan tentang apa yang telah terjadi di masa lalu,  sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.Untuk itu database merupakan hal yang pokok dalam sebuah perusahaan dalam memperoleh informasi.
D.    Manajemen Data
Saat ini, perusahaan bisnis tidak dapat bertahan maupun sukses tanpa data yang berkualitas mengenai operasi internal maupun lingkungan eksternal mereka.
Organisasi modern menyadari bahwa mengelola data dengan baik seperti halnya mereka mengelola aset berharga lainnya merupakan kunci sukses yang penting dalam pasar saat ini.Aktivitas manajerial yang menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas pengelolaan data organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi semua stakeholder bisnis mereka.




E.       Contoh Desain Database




  
  
1.     Pengertian DBMS dan Contohnya

DBMS ialah perantara untuk user dengan basis data, untuk dapat berinteraksi dengan DBMS dapat memakai bahasa basis data yang sudah di tentukan oleh perusahaan DBMS. Bahasa basis data umumnya terdiri dari berbagai macam instruksi yang diformulasikan sehingga instruksi tersebut dapat di proses oleh DBMS.
Adapun beberapa contoh dari DBMS, diantaranya seperti di bawah ini:

1. MySQL

Kelebihannya:
  • ·         Free/gratis.
  • ·         Selalu stabil dan cukup tangguh.
  • ·         Keamanan yang cukup baik.
  • ·         Sangat mendukung transaksi, dan dukungan dari banyak komunitas.
  • ·         Sangat fleksisbel dengan barbagai macam program.
  • ·         Perkembangan yang cepat.

Kekurangannya:
  • ·         Kurang mendukung koneksi bahasa pemerograman misalnya seperti Visual Basic (VB), Foxpro, Delphi sebab koneksi ini dapat menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi bari bahasa pemerograman visual tersebut.
  • ·         Data yang dapat ditangani belum besar dan belum mendukung widowing Function.


2. Oracle

Kelebihannya:
  • ·         Terdapat beragan fitur yang bisa memenuhi tuntutan fleksibilitas dari organisasi atau perusahaan yang besar.
  • ·         Bisa mendayaggunakan lebih dari satu server dan penyimpanan data dengan cukup mudah.
  • ·         Performa pemrosesan transaksi yang sangat tinggi.

Kekurangannya:
  • ·         Pemakaiannya membutuhkan dana atau biaya karena mahal dan diperlukan DBA yang cukup handal sebab DBMS ini cukup rumit.


3. Microsoft SQL server

 Kelebihannya:
  • ·         DBMS ini sangat cocok untuk perusahaan mikro, menengah hingga perusahaan besar karena mampu mengelola data yang besar.
  • ·         Mempunyai kelebihan untuk men-manage user serta tiap user-nya dapat diatur hak  aksesnya terhadap pengaksesan database oleh DBA.
  • ·         Tingkat pengamanan datanya sangat baik.
  • ·         Dapat melakukan atau memiliki back-up, recovery, dan rollback data.
  • ·         Kelebihan lainnya mempunyai kemampuan membuat database mirroring dan juga culustering.
Kekurangannya:
  • ·         Hanya bisa berjalan pada platform OS (Operasi system) Microsoft windows.
  • ·         Perangkat lunak (software) ini berilisensi dan tentunya pemakaiannya membutuhkan biaya yang tergolong cukup mahal.


2. Pengertian Database Relasional dan Contohnya

Database Relasional sebenarnya adalah suatu konsep penyimpanan data terstruktur, sebelum konsep database relasional muncul sudah ada uda model database yaitu network database dan hierarchie database . Teori database relasional di kemukakan pertamakali oleh Dr. E.F. Codd.
Contoh :
1.DB2 (IBM)
2. Rdb/VMS (Digital Equipment Corporation)
3. Oracle (Oracle Corporation)
4. Informix (Informix Corporation)
5. Ingres (ASK Group Inc)
6. Sybase (Sybase Inc)

3. File, Record, byte, field dan Byte
A. FILE  
File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.
File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.
Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya:
  • ·         System= sys, com, bak, bat, tmp, dan exe.
  • ·         Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp, dan flv.
  • ·         Dokumen= html, doc, odt, xls, ods, dan pdf.
  • ·         Suara= wav, rm, mp3, dan midi.
  • ·         Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.


B. RECORD
Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalahmerupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Pengertian basis data (database) adalah basis data yang terdiri dari dua kata, yaitu kata basis dan data. Basis dapat di artikan markas ataupun gudang, maupun tempat berkumpul.

C. FIELD 
Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu table untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.



D. BYTE

             Byte adalah bagian terkecil yang dapat dialamatkan dalam memori. Byte merupakan sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit. Satu byte digunakan untuk mengkodekan satu buah karakter dalam memori. Contoh: Kode Ascii untuk J ialah 10101010. Jadi byte adalah kumpulan bit yang membentuk satu karakter (huruf, angka, atau tanda). Dengan kombinasi 8 bit, dapat diperoleh 256 karakter (= 2 pangkat 8).

E. BIT

            Bit adalah suatu sistem angka biner yang terdiri atas dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1. Sistem angka biner merupakan dasar dasar yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) yang merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya dapat membedakan dua keadaan saja (on dan off). Jadi bit adalah unit terkecil dari pembentuk data.  


Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

E-LEARNING

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FORUM & QUIZ E-LEARNING Dosen : Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA Nama         : Bella Rosdia...